Karya Bakti Kodim Selayar bersama DLHK Selayar dan Forkopimda gotong royong bersihkan drainase sebagai wujud pentingnya Kebersihan



SUARARAKYAT, Selayar - Kodim 1415 Selayar  menggelar Karya Bakti, dengan semangat gotong royong dalam membersihkan saluran drainase di kompleks Pasar Sore Kelurahan Benteng Selatan  dan Kompleks Pertamina Kelurahan Benteng Utara Kecamatan Benteng. Jumat (08/12/2023).

Selain membersihkan saluran drainase pelaksanaan karya bakti di laksanakan pada dua titik lokasi diantaranya Pasar Sore Bonehalang Kelurahan Benteng Selatan dan Kompleks Pertama Bua - Bua Kelurahan Benteng Utara Kecamatan Bentenag  dilaksanakan pembersihan dengan waktu yang bersamaan.

Karya bakti dengan mengusung tema  ‘Mencapai Indonesia Bersih Sehat dan Hijau’ ini, diselenggarakan tentang pentingnya menjaga kebersihan kerap digunakan sebagai slogan di tempat-tempat umum. Menjaga kebersihan merupakan suatu hal yang sangat penting.

Kegiatan Karya Bakti ini melibatkan unsur  Forkopimda mulai dari TNI Angkatan Laut, Dinas Lingkungan hidup dan Kebersihan dan BUMN diantaranya, Polres Kepulauan Selayar, SatPolPP, Syahbandar, Rutan Selayar, Bank Rakyat Indonesia, BPBD,Pramuka Sakabahari. Semua unsur satu dalam sinergi.

Diketahui, pelaksanaan karya bakti juga melibatkan Camat Benteng dan dua kelurahan Kecamatan Bentenag Kabupaten Kepulauan Selayar beserta jajarannya mengikuti Karya Bakti Kodim 1415 Selayar.

Dalam pelaksanaannya, Kodim 1415 Selayar bersinergi dengan unsur Polri, pemerintah kecamatan dan kelurahan serta Unsur Forkopimda dan masyarakat. Dengan melibatkan 100 orang personil.

Dampak dari kegiatan ini semua selain dari pembersihan agar sinergitas antara TNI Polri, Pemerintah Daerah semuanya jadi satu. Sinergitas itu paling penting untuk mengatasi masalah yang ada pada wilayah Kodim 1415 Selayar.

Muhammad Taufik Kadir, ST., MM mengatakan, Kolaborasi yg baik antara Pemda dan Kodim sangat baik dalam penanganan kebersihan di kota benteng terkhusus di kanal bonea dan pasar TPI, sosialisasi  kepada para pedagang untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi dan sebisa mungkin mengumpulkan sayuran yang sudah tidak layak konsumsi yang kemudian akan di angkut oleh staf TPS3R DLH untuk kemudian diolah menjadi kompos ataupun maggot yg berguna untuk menyuburkan tanaman dan sebagai pakan ternak dan pakan ikan. Ungkapnya

0 Komentar